Sunday, September 14, 2008

Susah tidur


Malam ini aku kembali susah tidur. Entahlah, apa yang sedang menimpa diriku ini. Aku juga tak tahu musabab mengapa aku susah tidur. Pikiran? Ah, bukan! Tiada sesuatu serius yang terjadi akhir-akhir sehingga membuatku harus begini.

Namun, yang jelas, aku gelisah. Teramat gelisah! Seolah ada seseorang yang terus mengawasi dan memerhatikan diriku. Dia mengintip. Mengetuk relung-relung nadiku dan ingin larut di tiap desir nafasku.

Padahal aku sudah mencoba tenang dalam lafadz tilawah. Hanyut dalam dzikir dan terdengkur dalam bacaan panjang surah qiyamul lail. Tapi, dia.....? Hmmmm...seakan berada di sampingku, menemani sholatku, dan berujar, Amin.....!

Ah, siapakah dia? Diriku sesungguhnya? Atau??? Mengapa dia mengusikku? Membuat aku kikuk, menerawang dalam alam pikir kosong hingga tak tahu apa yang sebenarnya aku pikirkan saat ini. Yah, aku tak tahu! Hanya kegelisahan yang ada. Gelisah! Gelisah! Dan, gelisah!

Ya, Alloh, Engkau maha tahu atas apa yang sedang terjadi dalam hidupku ini. Jika hamba-Mu ini memiliki salah, ingatkanlah! Bila hamba-Mu dhoif dan pernah melukai seseorang, tunjukkanlah. Hamba-Mu akan meminta maaf dan menebus salah itu. Karena sungguh, hamba ini lemah dan tak luput dari dosa!

Ya, Alloh, hanya Engkau pula, tempat mengadu. Aku mengaduh, ya Alloh. Mengaduh dengan penuh ikhlas atas hidupku ini. Hamba tak memiliki apa-apa. Tak punya apa-apa. Hanya dirimulah dzat yang menguasai atas segala sesuatu yang hamba miliki.

Ya, Alloh, aku bermunajat kepadamu. Meminta, tenangkahlah batin ini. Berilah hamba-Mu senyum dan keceriaan hari esok dengan istirahat yang cukup dalam hidup normal. Sungguh, aku rindu hal itu....

Sahabat, siapapun dirimu yang membaca ini, maafkanlah diriku bila ada alpa dan menyimpan salah selama ini. Sungguh, aku tulus mengetuk pintu maafmu. Hingga, aku bisa tenang menapaki hidup ini!

No comments: